PENGEMBANGAN MEDIA AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9

Sari, Egi Trisdawati Yunita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900011_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa media ajar sistem persamaan linear dua variabel berbasis realistic mathematics education yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh 3 ahli, yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon pendidik matematika dan peserta didik kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin, Pakis, Tayu, Pati. Sedangkan pada tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan ketuntasan, perbandingan nilai pretest posttest, dan adanya pengaruh motivasi belajar peserta didik. Pengembangan tersebut juga dilakukan guna mengetahui penggunaan media ajar berbasis realistic mathematics education dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian yang telah dilakukan berbentuk penelitian pengembangan R&D (research & development) menggunakan metode ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Media ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berbasis Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan dengan mendesain gambar menggunakan CorelDraw X7. Media ajar tersebut berisi materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan validasi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah matematis, angket lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik, serta angket motivasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor 3.49, ahli media diperoleh skor 3.58, dan ahli bahasa diperoleh skor 3.72. Dengan demikian produk yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 3.59 dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah produk diuji cobakan ke peserta didik, diperoleh respon peserta didik dengan skor 3.47 dan respon pendidik matematika dengan skor 3.89 dinyatakan dalam kriteria sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan evaluasi produk dengan memberikan soal posttest kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket motivasi belajar kepada peserta didik. Diperoleh rata-rata hasil posttest kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 87.3158 telah mencapai ketuntasan dan 21% besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan media ajar tersebut. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Media Ajar, dan Realistic Mathematics Education.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:43
Last Modified: 16 Oct 2023 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31733

Actions (login required)

View Item View Item