PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK PAKAIAN BAJU TIDUR MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi kasus di Konveksi Salma Collection Pati)

SA’ADAH, IMAROTUS (2023) PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK PAKAIAN BAJU TIDUR MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi kasus di Konveksi Salma Collection Pati). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601294_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601294_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salma Collection ialah UMKM yang mebuat pakaian jadi seperti baju tidur, legging, mukena dan lain-lain. Permasalahan yang terjadi adalah dalam proses produksinya masih menghasilkan produk cacat sehingga diperlukan pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma. Pengendalian kualitas six sigma menggunakan tahapan DMAIC yang bertujuan untuk mengetahui jenis cacat produk, faktor apa saja yang menjadi penyebab produk cacat, dan perbaikan untuk memperbaiki penyebab produk cacat. Pada tahap define , didapatkan produk baju tidur merupakan jenis produk yang memiliki jumlah produk cacat yang tinggi dengan CTQ yaitu jahitan tidak sempurna, produk tidak bersih dan produk tidak lengkap serta pembuatan diagram SIPOC baju tidur. Pada tahap measure , data yang digunakan adalah data produk cacat dengan nilai DPMO 46,667 dengan tingkat sigma 3,17. Pada tahap Analyze didapatkan hasil dari diagram sebab-akibat sumber penyebab produk cacat dari cacat jahitan tidak sempurna adalah faktor manusia, mesin, material, metode dan lingkungan. Hasil FMEA didapatkan nilai RPN tertinggi 196 yaitu faktor metode tidak ada SOP kerja yang tertulis. Pada tahap improve digunakan metode 5W+1H untuk pembuatan rencana perbaikan. Kata kunci : DMAIC, Pengendalian kualitas, Six Sigma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:41
Last Modified: 16 Oct 2023 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31731

Actions (login required)

View Item View Item