ANALISIS CASE BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAGU MATEMATIKA TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA

Dhiyazzahra, Daffani Putri (2023) ANALISIS CASE BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LAGU MATEMATIKA TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900010_fullpdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kontribusi siswa untuk pendidikan abad 21 adalah dengan memiliki kemampuan literasi matematika. Kenyataannya literasi matematika siswa Indonesia menurut hasil PISA 2018 termasuk dalam kategori rendah. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan masih bersifat teacher center. Solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa adalah dengan menerapkan case based learning berbantuan media lagu matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui keefektifan case based learning berbantuan media lagu matematika dalam meningkatkan literasi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII B MTs Negeri 2 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan mixed method jenis exploratory sequential design. Peneliti menggunakan sampel siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Kota Semarang yang berjumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observsi, angket respon siswa dan guru, pedoman wawancara siswa dan guru, tes literasi matematika dengan 3 soal uraian materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Teknik analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas dengan Shapiro Wilk, paired sample t-test, dan uji N-Gain. Penerapan case based learning berbantuan media lagu matematika memperoleh persentase angket respon siswa 78,4% dengan kategori tertarik dan persentase angket respon guru 88,9% dengan kategori sangat baik. Perolehan angket ini diperjelas dengan wawancara perwakilan siswa dan guru untuk mengetahui secara lisan respon penerapan case based learning berbantuan media lagu matematika. Analisis dari perhitungan paired sample t-test didapatkan Sig. (2-tailed) hasil pretest dan posttest literasi matematika adalah 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka H_a diterima dengan kesimpulan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest literasi matematika siswa, dengan demikian ada pengaruh penggunaan case based learning berbantuan media lagu matematika terhadap literasi matematika siswa. Perbedaan rata-rata pretest dan posttest literasi matematika adalah 53,06 meningkat sampai 86,34. Uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui keefektifan case based learning berbantuan media lagu matematika diperoleh 0,7 dengan persentase sebesar 65,1% yang termasuk kategori cukup efektif. Kata Kunci: case based learning, media lagu matematika, literasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:40
Last Modified: 16 Oct 2023 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item