ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA TERHADAP PENGGUNA BRAINLY BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA KATEGORI READING-WRITING

Isnaeni, Ati’ Nada (2023) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA TERHADAP PENGGUNA BRAINLY BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA KATEGORI READING-WRITING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900009_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang melandasi siswa dalam memilih jawaban dan mendeskripsikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) khususnya C4 atau indikator menganalisis siswa SMK NU 01 Belik terhadap pengguna Brainly berdasarkan gaya belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK NU 01 Belik tahun ajaran 2022/2023. Dengan menggunakan angket gaya belajar didapat 5 responden yang dijadikan subjek dalam penelitian yaitu siswa yang memiliki gaya belajar reading-writing. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, tes, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada 5 alasan yang melandasi siswa dalam memilih jawaban yaitu karena soalnya sama persis, merasa bahwa jawaban yang ia pilih adalah jawaban yang benar dan sebagian besar siswa yang menjawab tersebut karena sudah menghitung atau melakukan uji coba, karena jawaban yang dipilih sudah terverifikasi sehingga yakin bahwa jawaban tersebut benar, dan beberapa berlandaskan penjelasannya mudah dipaham (sesuai logika) juga lebih rinci dibanding yang lain, selain itu adapula yang beralasan karena ada di Brainly. (2) ada 71 % siswa yang memiliki kemampuan mengalisis, Artinya Brainly memiliki peran dalam mengembangkan Higher Order Thinking Skill siswa khususnya pada indikator menganalisis (C4). Kata kunci: HOTS, Brainly, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:52
Last Modified: 16 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31727

Actions (login required)

View Item View Item