PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Nilamsari, Aisya Gangsar (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900007_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Nilamsari, Aisya Gangsar. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I: Dr. Hevy Risqi Maharani, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Imam Kusmaryono, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle dalam pembelajaran matematika, dan mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika materi teorema pythagoras di kelas VIII Bhinneka SMP Eka Sakti Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan jenis sequential exploratory design. Peneliti ini menggunakan sampel siswa kelas VIII Bhinneka SMP Eka Sakti Kota Semarang yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi, pedoman wawancara guru dan siswa, tes kemampuan berpikir kritis dengan 3 soal uraian materi teorema pythagoras. Teknik analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas Kolmogorov smirnov, uji pencapaian rata-rata KKM individu, uji ketuntasan klasikal, paired sample t-test, dan uji N-Gain. Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle ini memperoleh nilai persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan persentase aktivitas siswa sebesar 76% dengan kategori aktif. Perolehan keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa ini diperjelas dengan wawancara guru dan perwakilan siswa untuk mengetahui secara lisan bagaimana penerapan model model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle. Analisis dari perhitungan paired sample t-test didapatkan sig.(2-tailed) hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0,000 yang artinya 0,000 > 0,05 maka H_1 diterima dengan kesimpulan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa, dengan demikian ada pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Perbedaan rata-rata pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa adalah 40,30 meningkat sampai 82,63. Uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbasis Moodle diperoleh nilai 0,7013 yang artinya termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif. Kata kunci: flipped classroom, Moodle, kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:50
Last Modified: 16 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31725

Actions (login required)

View Item View Item