Saadah, Ainun Luthfiatus (2023) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE AND THINK PAIR SQUARE BERBANTUAN CLASSPOINT APP TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Matematika_34201900006_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201900006_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui ketuntasan klasikal siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal setelah menerapkan pembelajaran Think Pair Share and Think Pair Square berbantuan ClassPoint App. (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal dengan menerapkan pembelajaran Think Pair Share and Think Pair Square berbantuan ClassPoint App terhadap literasi matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII A yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Instrumen tes pada penelitian ini berupa tes literasi matematika dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf 5%. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketuntasan klasikal siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal setelah menerapkan pembelajaran Think Pair Share and Think Pair Square berbantuan ClassPoint App sebesar 81%. (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 17 Tegal dengan menerapkan pembelajaran Think Pair Share and Think Pair Square berbantuan ClassPoint App terhadap literasi matematika sebesar 14,7%. Kata Kunci: Pembelajaran Think Pair Share and Think Pair Square, ClassPoint App, Literasi Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:35 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31722 |
Actions (login required)
View Item |