PENGUKURAN BEBAN KERJA UNTUK MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA UNIT PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) DI SJP INDUSTRI KONVEKSI DEMAK

WAHYUDIN, GUNTUR SOLEH (2023) PENGUKURAN BEBAN KERJA UNTUK MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA UNIT PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) DI SJP INDUSTRI KONVEKSI DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601286_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601286_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Perkembangan industri saat ini mengalami perubahan yang sangat pesat dan memasuki era persaingan yang semakin tinggi. Tenaga kerja berperan penting dalam jalannya roda usaha suatu industri, produktifitas tenaga kerja yang baik sangat dibutuhkan dalam melaksanakan setiap proses yang berjalan pada suatu perusahaan Salah satu kendala yang mempengaruhi performa para pekerja yaitu besar beban kerja. SJP Industri Konveksi perusahaan konveksi yang berdiri tahun 2010 yang terletak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Perusahaan ini menerima pesanan berupa kaos, jaket, kemeja drill, baju olahraga, serta memproduksi baju batik dan baju anak-anak dan dewasa. Perusahaan memiliki kendala dalam pemenuhan permintaan konsumen, dimana permintaan tersebut tidak dapat terpenuhi disebabkan oleh tingginya tingkat beban kerja yang dialami para pekerja. Perhitungan dilakukan dengan metode workload analysis. Besarnya beban kerja yang dialami oleh para pekerja nantinya digunakan untuk menentukan jumlah pekerja yang seharusnya layak untuk digunakan yang bertujuan supaya beban kerja yang dialami oleh pekerja tidak tinggi yang diharapkan nanti mampu meningkatkan produktifitas pekerja. Hasil yang didapatkan adalah metode Work Load Analysis dengan jumlah pekerja 10 orang dalam proses penjahitan yang memiliki beban kerja 1,12 yang termasuk dalam beban kerja berlebih, maka dengan usulan penambahan tenaga kerja mampu untuk mengatasi beban kerja yang tinggi,sehingga dengan menurunnya beban kerja dapat meningkatkan produktifitas pekerja. Kata kunci : Beban Kerja, SJP Industri Konveksi , WLA (Workload Analysis)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:33
Last Modified: 16 Oct 2023 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31719

Actions (login required)

View Item View Item