ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KLINOMETER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI

Noor, Nabila Mahmudah (2023) ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KLINOMETER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan dan keefektifan model pembelajaran PjBL berbantuan klinometer dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada materi trigonometri. Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan harapan adanya perbaikan model pembelajaran dan cara menyajikan materi pelajaran, kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu PjBL yang merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan berpikir kreatif siswa dengan mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam berpartisipasi unjuk kerja dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang apa yang mereka lakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mix method dengan desain sequential exploratory design. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 25 siswa kelas XI SMA Al-Fattah Terboyo Semarang. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes kemampuan berpikir kreatif berupa soal pretest dan posttest materi trigonometri, lembar wawancara siswa, dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan one sample t-test, paired t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran PjBL berbantuan klinometer dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Analisis dari perhitungan uji hipotesis one sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,012 <0,05 yang dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75%. Uji hipotesis paired t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 dan rata-rata nilai tes dari sebelum dan sesudah yaitu 61,80 menjadi 79,52 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan model PjBL berbantuan klinometer. Uji N-Gain terhadap hipotesis paired t-test yaitu 0,4513 menunjukkan bahwa efektivitas model pembelajaran PjBL berbantuan klinometer berkategori sedang. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penelitian ini dikategorikan menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kata kunci: PjBL, klinometer, berpikir kreatif, trigonometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:32
Last Modified: 16 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31718

Actions (login required)

View Item View Item