SANKSI TINDAK PIDANA PELAKU PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DI KOS MENURUT PUTUSAN PENGADILAN SEMARANG TAHUN 2021 (STUDI PUTUSAN: 682/Pid.B/2021/PN Smg)

Januar, Wahyu (2023) SANKSI TINDAK PIDANA PELAKU PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DI KOS MENURUT PUTUSAN PENGADILAN SEMARANG TAHUN 2021 (STUDI PUTUSAN: 682/Pid.B/2021/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900343_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900343_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Penjatuhan sanksi pidana Putusan hakim merupakan produk hukum hakim. Setiap putusan hakim berupa vonis, bebas atau tidak bebas. Untuk mengambil keputusan, hakim harus mempertimbangkan pentingnya putusan tersebut. Berdasarkan diskresi hakim, hakim dapat memutus perkara secara adil dan hakim mempunyai kebebasan mandiri dalam mempertimbangkan berat ringannya sanksi pidana penjara terhadap putusan yang ditanganinya. Tindak pidana pelecehan seksual merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat karena selain karena kejahatan pelecehan seksual ini menimbulkan beban yang berat baik secara fisik maupun mental bagi korban, juga merupakan masalah yang menimpa negara yang dibebani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran hakim dalam menjatuhkan sanksi terhadap terdakwa dalam tindak pidana kesusilaan dan mengetahui penerapan pasal 281 KHUP terhadap terdakwa yang melakukan tindak pidana kesusilaan. Metode penelitian yang digunakan adalah sosiologi-hukum, mengkaji permasalahan hukum yang muncul di masyarakat untuk memahami pencegahan pelecehan seksual. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu Informasi yang datang langsung dari pusat penelitian, data sekunder adalah informasi yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan yaitu Informasi diperoleh melalui telaah literatur, artikel, pemberitaan, dan peraturan perundangundangan. Penelitian dan kerja lapangan, termasuk observasi dan wawancara, digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukan. Peran hakim dalam memutuskan suatu perkara majelis hakim pasti membutuhkan dasar hukum karena dasar hukum dimaksud sebagai landasan untuk hakim menerapkan hukuman. Dengan acuan dasar hukum, yang dalam perkara pidana tercantum dalam surat dakwaan akan diketahui ancaman pidana yang diterapkan kepada terdakwa. Penerapan pasal 281 KHUP Berdasarkan penjelasan pasal demi pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, “Kesopanan” disini dalam arti kata “Kesusilaan” (Zeden, eebaarheid) yakni perasaan malu yang berhubungan dengan nafsu kelamin misalnya bersetubuh, merabah buah dada orang perempuan, meraba tempat kemaluan wanita, memperlihatkan anggota kemaluan wanita atau pria, mencium,dan lain- lain. Kata kunci : Sanksi, pelecahan seksual, peran hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:31
Last Modified: 16 Oct 2023 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31707

Actions (login required)

View Item View Item