INOVASI PEMBUATAN PRODUK KONTRUKSI ROSTER DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK TAHAN KOROSI DAN RAYAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)

Abadi, Akhlis (2023) INOVASI PEMBUATAN PRODUK KONTRUKSI ROSTER DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK TAHAN KOROSI DAN RAYAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601245_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601245_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Permasalahan lingkungan kian hari kian meningkat, hal yang mendasar akan permasalahan lingkngan adalah pencemaran lingkungan itu sendiri yang diakibatkan limbah atau sampah baik organik maupun anorganik, Plastik selain mengganggu kesehatan tubuh manusia juga mengganggu lingkungan atau ekosistem, diantaranya menyebabkan banjir, menurunkan kesuburan tanah, menjerat hewan, meracuni makhluk hidup, dan pencemaran air. Plastik yang diolah untuk dijadikan bahan konstruksi itu biasanya dicampur dengan material lain atau senyawa lain yang cocok, misalnya pembuatan roster dengan campuran limbah plastik. Roster merupakan partisi atau penyekat antarruang yang memiliki fungsi lubang sirkulasi udara dan pencahaya di siang hari pada sebuah ruang. Tujuan penelitian ini adalah inovasi pembuatan produk kontruksi roster dengan pemanfaatan limbah plastik tahan korosi dan rayap. sehingga memiliki nilai tambah yang dapat dimanfaatkan dan juga untuk menjaga lingkungan akan dampak negatif yang ditimbulkan sampah plastik. Pada penelitian ini metode yang diterapkan adalah QFD (Quality Function Deployment) agar produk yang dibuat dapat memenuhi keinginan konsumen sehingga produk roster dari sampah plastik ini dapat diminati banyak orang, selain itu metode uji kelayakan juga digunakan untuk menilai seberapa layaknya roster dari limbah plastik ini digunakan dan dapat bersaing dengan produk yang sudah ada. Komposisi produk yang terpilih adalah Plastik 2 kg, Oli 1,4 kg, lapisan semen 0,30 kg, besi 0,05 kg lapisan cat 0,5 milli. Dengan sifat tampak tidak ada keretakan, dan dengan ukuran panjang 39 cm, lebar 10 cm, tebal 9,5 cm. Kata Kunci: limbah plastik, QFD, roster limbah plastik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:01
Last Modified: 13 Oct 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31695

Actions (login required)

View Item View Item