PEMILIHAN SUPPLIER AYAM BROILER DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA INDUSTRI RUMAH POTONG AYAM (Studi Kasus : Rumah Potong Ayam Ibu UM Demak)

USTADZI, AAN (2023) PEMILIHAN SUPPLIER AYAM BROILER DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA INDUSTRI RUMAH POTONG AYAM (Studi Kasus : Rumah Potong Ayam Ibu UM Demak). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601234_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601234_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Industri Rumah Potong Ayam Ibu UM Demak merupakan sebuah unit usaha rumahan yang berlokasi di Demak, Jawa Tengah. Unit ini fokus pada pemotongan ayam broiler dengan jumlah produksi sekitar 2,5 kwintal per hari, hal ini menimbulkan permintaan besar akan pasokan ayam tersebut. Namun, industri ini kerap menghadapi tantangan dalam pemilihan supplier ayam broiler yang cenderung hanya berfokus pada faktor harga. Setelah supplier dipilih, masalah muncul terkait kualitas seperti kesehatan ayam yang buruk atau ukuran berat yang tidak sesuai, mengakibatkan gangguan pada jumlah ayam yang diperlukan. Masalah lain termasuk keterlambatan pengiriman yang mengacaukan operasional. Situasi ini menunjukkan bahwa pengelolaan pasokan ayam potong broiler saat ini belum efisien dan kurangnya pendekatan matematis pada masalah tersebut meski hal ini kerap terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan yang tepat dalam memilih supplier ayam broiler berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW) dengan melibatkan 4 alternatif supplier dan 6 kriteria produk yang telah ditentukan oleh unit usaha. Kriteria produk melibatkan harga, kualitas, kecepatan pengiriman, garansi, fleksibilitas pembayaran dan pelayanan. Hasil perangkingan menunjukkan bahwa Supplier Umtha Jaya mendapatkan nilai tertinggi, yaitu V2 dengan nilai 0,9550 diikuti oleh V4 (Daroh Daya) dengan nilai 0,5885 diikuti oleh V3 (H. Kasadi Broiler) dengan nilai 0,4810 dan V1 (Poyo Jaya) dengan nilai 0,4785. Berdasarkan hasil ini, Supplier Umtha Jaya terpilih sebagai rekomendasi Supplier terbaik bagi Industri Rumah Potong Ayam Ibu UM Demak. Dengan demikian, rekomendasi ini diharapkan dapat membantu industri dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pemilihan Supplier serta menjaga kualitas pasokan ayam broiler. Kata Kunci : Proses Pengambilan Keputusan, Proses Pemilihan Supplier, Simple Additive Weighting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:28
Last Modified: 16 Oct 2023 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item