TINJAUAN YURIDIS DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN SANKSI PIDANA DENDA TERHADAP TINDAK PIDANA PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG)

Kusuma, Radya (2023) TINJAUAN YURIDIS DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN SANKSI PIDANA DENDA TERHADAP TINDAK PIDANA PELANGGARAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900280_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900280_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Masalah lalu lintas merupakan masalah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas yang sebenarnya merupakan permasalahan sering dianggap remeh, sehingga timbul sikap apatis (ketidak pedulian), sehingga tidak sedikit kejahatan-kejahatan yang kemudian berimplikasi dan berakumulasi menjadi sautu tindak pidana yang cukup menita perhatian public yang berawal dari permasalahan (pelanggaran) lalu lintas. Hakim terhadap penilaian pada ancaman pidana denda cenderung digunakan hanya untuk tindak pidana yang ringan-ringan saja, sehingga pidana penjara tetap merupakan yang utama. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Yuridis sosiologis. Pendekatan ini mengacu pada metode mendeskripsikan deskripsi data yang mana dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Penulis akan membahas apa saja bagaimana Kendala dan Solusi hakim dalam memutuskan sanski denda pelanggaran lalu lintas, serta dasar dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanski denda pelanggaran lalu lintas Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakim menjatuhkan sanksi denda tindak pidana pelanggaran lalu lintas melalui beberapa pertimbangan dan Hakim memiliki kendala yaitu saat hakim menentukan maksimum atau minimum-nya sanksi pidana denda yang akan dijatuhkan terhadap pelanggar lalu lintas. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Sanksi Denda, Lalu Lintas, Kendala Hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:27
Last Modified: 16 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

View Item View Item