PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNA NARKOTIKA (STUDI DI KEPOLISIAN RESORT KENDAL)

Yustiko, Putra Luis (2023) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNA NARKOTIKA (STUDI DI KEPOLISIAN RESORT KENDAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900273_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900273_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Pada era modern sekarang ini tidak asing dengan zat atau obat terlarang yang disebut narkotika dimana semua orang telah mengenalnya bahkan telah tersebar di kalangan masyarakat. Pecandu narkotika adalah orang yang menggunakan atau menyalahgunakan narkotika dalam keadaan ketergantungan pada narkotika, baik secara fisik maupun psikis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepolisian dalam menegakkan hukum terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika dan untuk mengetahui kendala & solusi yang dihadapi Kepolisian dalam upaya penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkotika. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Kendal dengan memilih instansi yang terkait dengan perkara ini yakni di Resnarkoba Polres Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dengan melakukan studi pustaka dan melakukan pengumpulan data kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deksriptif analisis sehingga mengungkapkan hasil yang diharapkan dan kesimpulan atas permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melaksanakan visi, misi dan programnya dalam penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika, Satuan Resnarkoba Polres Kendal mendapatkan hambatan dan tidak selalu berjalan dengan lancar. Hambatan itu terdapat karena beberapa faktor sarana dan fasilitas dalam penegakan hukum kurang mendukung dan lengkap, partisipasi dan control masyarakat di beberapa wilayah di Kabupaten Kendal yang masih sangat rendah, minimnya anggota kepolisian yang bertugas di Satresnarkoba Polres Kendal, ketidak mengertian masyarakat tentang bahaya narkotika. Kurangnya sumber daya manusia jugadapat mengakibatkan tidak kondusifnya pelaksanaan operasi yang akan dilakukan. Kata Kunci : Penegakan Hukum, Tindak Pidana, Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:22
Last Modified: 16 Oct 2023 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31679

Actions (login required)

View Item View Item