TUTURAN EKSPRESIF KOMENTAR WARGANET TERHADAP FILM MINI SERIES ”PERJALANAN TERBAIK SEPANJANG MASA” DI KANAL YOUTUBE TOYOTA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF MODUL AJAR TEKS ULASAN KELAS VIII SMP

Raihana, Irba Akifa (2023) TUTURAN EKSPRESIF KOMENTAR WARGANET TERHADAP FILM MINI SERIES ”PERJALANAN TERBAIK SEPANJANG MASA” DI KANAL YOUTUBE TOYOTA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF MODUL AJAR TEKS ULASAN KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900010_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)

Abstract

Kata kunci: tuturan ekspresif, komentar, mini series, modul, dan teks ulasan Tuturan dapat dijumpai dimana saja dan kapan saja baik secara langsung maupun tidak langsung yang menjadikan tuturan berkembang dalam media hiburan seperti pada dunia perfilman. Penayangan film mini series Perjalanan Terbaik Sepanjang Masa dapat mempengaruhi emosional atau perasaan penontonnya, sehingga menjadi alasan warganet untuk menanggapi hasil karya film mini series tersebut. Berbagai cara warganet menanggapi hasil karya film yang ditonton seperti melalui kolom komentar yang menggambarkan emosional atau perasaan penutur, sehingga terbentuk sebuah tuturan salah satunya seperti tuturan ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi tuturan ekspresif komentar warganet terhadap film mini series Perjalanan Terbaik Sepangjang Masa serta alternatif modul ajar dalam pembelajaran teks ulasan kelas VIII SMP. Selain itu, manfaat dari penelitian ini untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai bentuk, makna, dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam komentar warganet serta alternatif modul ajar teks ulasan untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh peneliti berjumlah 41 data tuturan. Tuturan yang mengandung ekspresif memuji berjumlah 18 data, tuturan ekspresif menyindir berjumlah 2 data, tuturan ekspresif berterima kasih berjumlah 10 data, tuturan ekspresif mengkritik berjumlah 6 data, dan tuturan ekspresif mengeluh berjumlah 5 data. Beberapa hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif modul ajar pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII pada materi teks ulasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:19
Last Modified: 16 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31676

Actions (login required)

View Item View Item