PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN ONLINE YANG DI LAKUKAN OLEH ANAK DI POLRES GROBOGAN (Kepolisian Resort Grobogan)

Utomo, Nur Hidayat Aji (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN ONLINE YANG DI LAKUKAN OLEH ANAK DI POLRES GROBOGAN (Kepolisian Resort Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900264_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900264_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya kasus tindak pidana perjudian yang dilakukan oleh anak sehingga perlu untuk diketahui penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian online. Penelitian ini bertujuan untuk penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian online yang dilakukan oleh anak dalam hukum positif saat ini serta penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian online oleh anak untuk hukum pidana yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum yuridis sosiologis. Penelitian hukum Yuridis adalah penelitian yang fokus pada kajian tertulis yaitu dengan cara meneliti bahan pustaka, peraturan perundang undangan, keputusan pengadilan maupun teori hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan penelitian hukum sosiologis adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh penulis secara langsung di lapangan. Berdasarkan Hasil Penelitian bahwa penegakan hukum yang dilakukan oleh Polres Grobogan terhadap perjudian yang dilakukan oleh anak Penegakan Hukum dilakukan oleh Polres Grobogan terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana Perjudian Online adalah dengan cara preventif atau pecegahan, karena menutu narsumber sampai sejauh ini Polres Grobogan belum pernah menangani kasus perjudian online yang dilakukan oleh anak, akan tetapi jika ada anak yang melakukan perjudian online akan akan di laksanakan penegakan hukum 27 ayat 2 Jo. Pasa 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaki Elektronik serta Penegakan hukum terhadap perjudian online yang dilakukan oleh anak untuk masa yang akan datang masih tetap sama diatur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat 2 Jo. Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Informasi dan Transaki Elektronik. Kata Kunci : Perjudian, Online, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:17
Last Modified: 16 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item View Item