CAMPUR KODE DALAM TUTURAN KANAL YOUTUBE “KACAMATA DR. BOYKE” DAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI MENULIS POSTER SISWA KELAS VIII SMP

Setyaningrum, Erina Dwi Yuni (2023) CAMPUR KODE DALAM TUTURAN KANAL YOUTUBE “KACAMATA DR. BOYKE” DAN IMPLEMENTASINYA PADA MATERI MENULIS POSTER SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900008_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Kata Kunci : campur kode, menulis poster siswa Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keberagaman budaya. Salah satunya keberagaman budaya yang ditemukan ialah adanya ragam bahasa, ragam bahasa tersebut sering sekali digunakan sebagai media dan untuk berkomunikasi dengan masyarakat satu sama lain. Oleh karena itu, situasi pemakaian bahasa di Indonesia secara sosiolinguistik dapat digolongkan secara bilingual. Penutur bilingual dalam berinteraksi akan mengalami kontak bahasa. Adanya kontak bahasa memungkinkan adanya pergantian pemakaian bahasa yang disebut dengan campur kode. Hal ini, penutur pada saat menyampaikan maksudnya sering menyisipkan atau mencampurkan serpihan-serpihan bahasa ketika berkomunikasi, peristiwa itu yang disebut sebagai campur kode. Campur kode ialah dimana gejala yang terjadi pada saat penutur menyisipkan serpihan-serpihan bahasa daerah maupun bahasa asing saat bertutur. Di dalam tayangan podcast kanal Youtube juga terdapat beragam variasi percampuran bahasa yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis campur kode serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode di dalam kanal Youtube “Kacamata dr. Boyke” dan implementasinya pada materi menulis poster siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan peneliti ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan adanya bentuk dan jenis campur kode sebanyak 25 data dan 3 data faktor-faktor terjadinya campur kode. Terdapat berbagai bahasa yang digunakan di dalam penelitian ini antara lain, bahasa Indonesia, bahasa inggris, bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Betawi. Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran dan implementasi pada materi menulis poster siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:50
Last Modified: 12 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item View Item