ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN SINIAR “MUSYAWARAH” DI KANAL YOUTUBE NAJWA SHIHAB TAHUN 2022 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DRAMA

FATMAWATI, DIYAH AYU (2023) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN SINIAR “MUSYAWARAH” DI KANAL YOUTUBE NAJWA SHIHAB TAHUN 2022 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DRAMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900006_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Kata Kunci: alih kode, campur kode, siniar, dan implikasi pembelajaran Secara umum, dalam pembahasan yang berkaitan tentang dunia politik biasanya bersifat formal. Baik dari tema yang diusung atau tuturan segi kebahasaannya. Namun pada siniar “Musyawarah” yang dikemas dengan bahasa yang lugas terdapat juga peralihan bahasa dan diselipkan candaan yang bisa dikatakan ekstrim bagi politik Indonesia seperti sindiran pedas ke berbagai pihak khususnya pejabat dan pemerintah Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam tuturan siniar “Musyawarah” di kanal YouTube Najwa Shihab tahun 2022 dan implikasinya terhadap pembelajaran teks drama. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh peneliti berjumlah 56 data tuturan. Tuturan yang mengandung bentuk alih kode berjumlah 10 data, 1 di antaranya merupakan alih kode intern dan 9 data berupa alih kode ekstern. Bentuk campur kode berjumlah 46 data. Campur kode paling banyak ditemukan dalam tataran kata sebanyak 30 data, pada tataran frasa berjumlah 12 data, dan 4 data pada tataran klausa. Bentuk campur kode lebih banyak ditemukan karena dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor penggunaan bahasa yang lebih populer, faktor pembicara dan pribadi pembicara, serta faktor fungsi dan tujuan. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks drama kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 dengan KD 4.19 yaitu mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan yang berupa naskah drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:48
Last Modified: 12 Oct 2023 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31667

Actions (login required)

View Item View Item