TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA ATAS PENGANIAYAAN YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ISLAM

FALAH, MUHAMAD ZAHRON (2023) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA ATAS PENGANIAYAAN YANG MENYEBABKAN KEMATIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900249_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900249_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Tindak Pidana Penganiayaan merupakan perbuatan yang melanggar Hak Asasi Manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap pelaku Tindak Pidana Penganiayaan yang menyebabkan kematian dalam perkara putusan Nomor 91/Pid.B/2021/PN Pkl. Dan untuk mengetahui bagaimana sanksi terhadap Tindak Pidana Penganiayaan yang Menyebabkan Kematian dalam perspektif Hukum Pidana dan Hukum Pidana Islam. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif. Metode yuridis normatif adalah pendekatan dalam arti menelaah kaidah- kaidah atau norma-norma dan aturan-aturan yang berhubungan dengan tindak pidana penganiayaan dengan cara studi kepustakaan library research, yaitu dengan cara mempelajari buku-buku, dokumen, makalah, artikel dan peraturan perundang- undangan yang berkaitan erat dengan obyek penelitian. Sehingga data yang diperoleh dapat disusun secara sistematis dan dapat dipahami secara utuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman terhadap pelaku tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan kematian sudah sesuai dengan Pasal 351 ayat (3) KUHP tentang Penganiayaan yang menyebabkan kematian berdasarkan fakta-fakta yang ada dalam persidangan. 2) Sanksi terhadap tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan kematian dalam Pasal 351 ayat (3) KUHP yakni diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. 3) Sedangkan Sanksi terhadap tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan kematian dalam Hukum Pidana Islam yaitu hukuman qisas atau diyat. Kata Kunci: Penganiayaan, Hukum Pidana dan Hukum Pidana Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:47
Last Modified: 12 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31665

Actions (login required)

View Item View Item