PENGEMBANGAN MEDIA BENEDA “BELAJAR NEGOSIASI DENGAN ANIMASI” UNTUK KETERAMPILAN MENULIS SURAT PENAWARAN BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS X KABUPATEN PATI

Ni’mah, Dina Zahrotun (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BENEDA “BELAJAR NEGOSIASI DENGAN ANIMASI” UNTUK KETERAMPILAN MENULIS SURAT PENAWARAN BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS X KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900005_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran Beneda, Profil Pelajar Pancasila, Teks Negosiasi, Surat Penawaran Di Era berkembangnya teknologi dan penerapan kurikulum merdeka di Indonesia yang mengedepankan dimensi profil pelajar pancasila bagi peserta didik, mengakibatkan pentingnya adanya media pembelajaran bagi guru dan peserta didik yang mampu mendukung kegiatan belajar mengajar dengan baik, sehingga tercapai tujuan pembelajaran sesuai capaian pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di tiga sekolah yaitu MAN 2 Pati, SMA Negeri 1 Tayu, dan SMK Cordova Margoyoso belum ditemukan penggunaan media pembelajaran digital interaktif berupa video animasi atupun aplikasi yang berbasis android khususnya untuk materi surat penawaran dalam teks negosiasi. Sehingga dilakukan penelitian untuk menjawab permasalahan-permasalahan tentang 1) kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran surat penawaran dalam teks negosiasi kelas X, 2) desain prototipe media pembelajaran, 3) hasil uji validasi ahli dan pengembangan media. Maka, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi) untuk keterampilan menulis surat penawaran bermuatan profil pelajar pancasila kelas X di Kabupaten Pati, mengetahui desain prototipe media pembelajaran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi), dan melihat penilaian media Beneda (Belajar Negosisai dengan Animasi) dari validator ahli sehingga diperoleh kritik dan saran yang membangun untuk pengembangan media Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi). Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) milik Sugiyono yang terdiri dari seputuh tahap. Namun, disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang menjadi lima tahap penelitian sampai pada revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, dan angket kebutuhan peserta didik dan guru, serta lembar validasi ahli. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat kebutuhan peserta didik dan guru mengenai media pembelajaran yaitu ingin media pembelajaran berupa animasi agar menarik, yang dapat diakses kapan dan dimana saja, serta mudah untuk dipahami. Sehingga desain prototipe dibuat sesuai dengan kebutuhan tersebut berupa media video animasi berisi materi dan penjelasannya yang dikemas menarik. Kemudian media pembelajaran Beneda dinilai oleh validator ahli yaitu guru ahli dan dosen ahli yang memperoleh nilai rata-rata 1) aspek media Beneda memperoleh nilai 85,41 kategori sangat baik, 2) aspek tampilan media dengan hasil nilai 83,3 kategori sangat baik, 3) aspek materi dan capaian pembelajaran memperoleh nilai 71,875 kategori baik, 4) aspek kebahasaan diperoleh niali 87,5 kategori sangat baik, dan 5) aspek dimensi profil pelajar pancasila mendapat nilai 87,5 kategori sangat baik. berdasarkan revisi dan masukan dari validator ahli, dilakukan pengembangan media yang semula berupa video animasi dikembangkan menjadi aplikasi yang dapat dibagikan melalui WhatsApp dan contoh materi sudah dilengkapi. Media pembelajaran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi) sesuai dengan isi, tujuan, dan penyajian materi surat penawaran dalam teks negosiasi. Selain itu media pembelajaran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi) memiliki keunggulan yaitu 1) dapat diakses dimana saja dan kapan saja, 2) desain media menarik untuk peserta didik, 3) berisi materi pembelajaran yang lengkap, 4) bermuatan dimensi profil pelajar pancasila, 5) audio dan visual yang jelas. Namun juga terdapar keterbatasan pengembangan media pembelajaran Beneda karena sumber data tidak mampu menjangkaung keseluruhan sekolah di Kabupaten Pati, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dan kekurangan media pembelajaran Beneda (Belajar Negosiasi dengan Animasi) yaitu media hanya dapat diakses melalui gawai dengan Android tipe 10.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:16
Last Modified: 16 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31664

Actions (login required)

View Item View Item