ANALISIS PERBEDAAN AUDIT DELAY DITINJAU DARI JENIS INDUSTRI (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Industry dan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2019-2021)

Setyarini, Tika (2023) ANALISIS PERBEDAAN AUDIT DELAY DITINJAU DARI JENIS INDUSTRI (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Industry dan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401700303_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401700303_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada audit delay, yaitu keterlambatan proses audit laporan keuangan perusahaan setelah penyusunan, laporan keuangan yang memenuhi Standar Akuntansi Keuangan dan telah diaudit oleh auditor independen menjadi krusial bagi pemangku kepentingan. Faktor-faktor seperti jenis industri, contohnya perbankan dan consumer goods industry, mempengaruhi audit delay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, data sekunder berupa laporan keuangan dari Bursa Efek Indonesia, dan metode analisis Independent Sample T-Test. Hasilnya mengungkap perbedaan signifikan dalam audit delay antara industri perbankan dan consumer goods. Rata- rata audit delay perbankan lebih rendah (67.86) daripada consumer goods (111.11), dengan uji t menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan (p < 0.001). Temuan ini berkaitan erat dengan penelitian sebelumnya berjudul "Pengaruh Penerapan Wajib IFRS, Jenis Industri, Rugi, Anak Perusahaan, Ukuran Kap, Ukuran Perusahaan, Opini Audit, Dan Ukuran Komite Audit Terhadap Audit Report Lag (ARL)" dikaji oleh Silvia Novita Susianto pada tahun 2017 yang menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi audit report lag dalam konteks perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti jenis industri dan kinerja rugi perusahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap keterlambatan dalam publikasi laporan audit, sementara ukuran perusahaan, opini audit, dan ukuran komite audit memiliki pengaruh yang negatif. Kata Kunci : Audit delay, Jenis industri, Perbankan, Consumer Goods Industry, Independent Sample T-Test.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:15
Last Modified: 16 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31663

Actions (login required)

View Item View Item