PEMBELAJARAN BIPA LEVEL A1 PADA KANAL YOUTUBE NCT DAILY

Amalia, Difa Nurul (2023) PEMBELAJARAN BIPA LEVEL A1 PADA KANAL YOUTUBE NCT DAILY. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900004_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran BIPA, youtube Kepopuleran bahasa Indonesia yang kian meningkat di era globalisasi, membuat penutur asing menjadi berminat dalam mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia telah tersebar mencakup 47 negara di seluruh dunia serta Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) juga telah diselenggarakan oleh 428 lembaga. Ketertarikan warga asing membuat berbagai instansi membuka pembelajaran BIPA terutama ranah pendidikan tinggi. Pembelajaran BIPA tidak terbatas hanya akademik saja tetapi, bidang non-akademik melalui media sosial yaitu youtube. Youtube sebagai wadah pembelajaran BIPA merupakan satu hal yang menarik, salah satunya pada kanal youtube NCT Daily. Dari sekian banyak konten yang ditampilkan kanal youtube NCT Daily, terdapat salah satu konten menarik yang berjudul “Halo Sekolah Indonesia.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan isi kanal youtube NCT Daily, kompetensi BIPA Level A1, dan proses pembelajaran pada kanal youtube NCT Daily. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripstif kualiatif dengan prosedur yang dilakukan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain penelitian, 4) validasi data, dan 5) analisis data. Subjek penelitian ini yakni pengajar dan pembelajar yang terdapat pada konten youtube NCT Daily untuk memperoleh kompetensi BIPA Level A1 dan proses pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu 1) teknik menyimak, dan 2) teknik mencatat. Data tersebut dikumpulkan lalu dianalisis. Hasil data pada pembelajaran BIPA Level A1 pada kanal youtube NCT Daily terdapat kompetensi membaca dengan 26 kosakata, menulis 15 kosakata, menyimak 29 kosakata, dan berbicara 50 kosakata. Proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik yang meliputi aspek materi, media, metode, dan langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:08
Last Modified: 16 Oct 2023 03:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31661

Actions (login required)

View Item View Item