TINDAK TUTUR DALAM UNGGAHAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @KATA2BIJAK DAN APLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP

Octavian, Denny Kurnia (2023) TINDAK TUTUR DALAM UNGGAHAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @KATA2BIJAK DAN APLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34101900003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Kata Kunci : Tindak tutur, Deskriptif kualitatif, Instagram, Modul ajar Pada dasarnya kegiatan yang dilakukan oleh manusia tak lepas dari kegiatan berbahasa. Dalam komunikasi dan interaksi manusia, bahasa juga memiliki peranan yang sangat penting. Dalam berkomunikasi, setiap manusia menggunakan ujaran atau kata-kata tertentu kepada yang lainnya, sehingga maksud dan tujuannya dapat dipahami serta dalam menyampaikan maksud tersebut dapat diwujudkannya pada bentuk tindak tutur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan memilih objek unggahan akun Instagram @kata2bijak edisi bulan Januari-Desember 2021 dan aplikasinya terhadap pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik simak dan catat terhadap objek unggahan akun Instagram @kata2bijak. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan yang cukup baik dalam unggahan akun Instagram @kata2bijak edisi bulan Januari-Desember 2021 ditemukan sebanyak 23 data tindak tutur di dalamnya, serta aplikasinya terhadap pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP berupa produk modul ajar Bahasa Indonesia berjudul “Mari Belajar Menulis Puisi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:03
Last Modified: 16 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31659

Actions (login required)

View Item View Item