PENGARUH KELEMBABAN UDARA TERHADAP KELAYAKAN TAHANAN ISOLASI STATOR PADA GENERATOR 60 MW PLTA PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN MRICA DENGAN MENGGUNAKAN UJI POLARIZATION INDEX

PARAHITA, ADELIA JANIS (2023) PENGARUH KELEMBABAN UDARA TERHADAP KELAYAKAN TAHANAN ISOLASI STATOR PADA GENERATOR 60 MW PLTA PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN MRICA DENGAN MENGGUNAKAN UJI POLARIZATION INDEX. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Elektro_30602000077_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Teknik Elektro_30602000077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Permasalahan nilai tahanan isolasi yang berubah setiap bulannya. Dampaknya adalah penurunan nilai tahanan isolasi yang meningkatkan risiko kebocoran arus pada permukaan isolasi generator, berpotensi mempengaruhi kinerja dan umur pakai generator. Sebagai langkah preventif dengan melakukan monitoring dan pemeliharaan rutin. Pengendalian kelembaban adalah cara efektif dalam mencegah kerusakan pada generator dan menjaga kinerja sistem kelistrikan. Penelitian ini membahas tentang uji kelayakan generator 60 MW pada PLTA Panglima Besar Soedirman Mrica. Pengujian meliputi kelayakan generator dengan uji tahanan isolasi pada stator generator 18 kV dengan metode indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi nilai PI sebelum pemeliharaan untuk stator generator unit 2 R, S, dan T adalah 3.71 MΩ, 4.04 MΩ, dan 3.94 MΩ, sedangkan setelah pemeliharaan adalah 5.32 MΩ, 5.62 MΩ, dan 5.58 MΩ. Pengukuran temperatur sebelumnya adalah 63 C. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka generator 60 MW di PLTA Panglima Besar Soedirman untuk generator unit 2 masih dalam keadaan baik dan masih layak akan tetapi nilai PI tidak stabil. o C, dan setelah pemeliharaan adalah 33 o Kata kunci: Kelembaban Udara, Uji Kelayakan Tahanan Isolasi Generator, Indeks Polarisasi, Temperatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:02
Last Modified: 16 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item View Item