PENGARUH GREEN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi kasus pada UMKM di Kota Semarang pada tahun 2021)

Zumika, Azimatul Widad (2023) PENGARUH GREEN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi kasus pada UMKM di Kota Semarang pada tahun 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401700039_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401700039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi dalam perkembangan perekonomian walaupun pada saat pandemi covid-19 melanda dan menyebabkan mereka sulit berkembang dalam menghadapi masalah. Kinerja UMKM merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh UMKM dalam periode tertentu dengan mengacu kepada standar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Green Intellectual Capital terhadap Kinerja perusahaan pada UMKM di Kota Semarang. Dengan memanfaatkan green intelektual akan meningkatkan kinerja para umkm. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni pelaku UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptid dengan analisis regresi linier berganda sebagai analisis statistik yang diolah menggunakan aplikasi software SPSS versi 22. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 responden dengan sumber data dari UMKM makanan dan minuman di Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Green Human Capital, Green Structural Capital dan Green Relational Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Kata kunci: Green Human Capital, Green Structural Capital, Green Relational Capital, Kinerja UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:02
Last Modified: 16 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31656

Actions (login required)

View Item View Item