PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FINANCIAL INCLUSION TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI SEMARANG

HAPSARI, ALYA (2023) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FINANCIAL INCLUSION TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401700019_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401700019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Dibalik pertumbuhan ekonomi negara di Asia, UMKM menjadi kekuatan pendorong. Namun pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi semakin melambat dikarenakan adanya pandemi (COVID-19) yang mengakibatkan resiko penurunan terhadap prospek pertumbuhan menjadi meningkat tajam. UMKM dapat dikatakan sebagai entitas yang rapuh dan mudah terguncang oleh maslah eksternal seperti krisis ekonomi dan keuangan, bencana, ataupu perubahan perubahan mendadak dari lingkunan bisinis itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial literacy, financial technology, financial inclusion terhadap kinerja UMKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 UMKM di Kota Semarang yang berfokus dibidang fashion dan kuliner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian yaitu financial literacy, financial technology, financial inclusion berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Teknologi Keuangan, Inklusi Keuangan, Kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:44
Last Modified: 16 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item View Item