ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN REPUTASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG (STUDI EMPIRIS PADA SEKTOR PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDUSTRI FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022)

Bhirawa, Billy Satria (2023) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN REPUTASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG (STUDI EMPIRIS PADA SEKTOR PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDUSTRI FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401606614_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
31401606614_pernyataan_publikasi(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Ketepatan waktu dalam menerbitkan laporan keuangan auditan sangat penting khususnya bagi perusahaan-perusahaan publik yang menggunakan pasar modal sebagai salah satu sumber pendanaannya. Keterlambatan publikasi laporan keuangan sangat merugikan investor karena dapat meningkatkan asimetri informasi, insider trading, dan memunculkan rumor yang mampu mempengaruhi keputusan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adakah pengaruh ukuran Perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan reputasi KAP terhadap Audit Report Lag. Populasi penelitian adalah seluruh Sektor Perusahaan Manufaktur Industri Food and Beverage yang terdaftar di BEI sebanyak 26 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga menghasilkan 26 perusahaan atau 104 data. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran Perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, solvabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit report lag, dan reputasi KAP berpengaruh negative dan signifikan terhadap audit report lag. Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Reputasi KAP, dan Audit Report Lag.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:17
Last Modified: 13 Oct 2023 03:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item View Item