PENGARUH LABEL “TASYA FARASYA APPROVED” PADA KATALOG PRODUK LUXCRIME BLUR AND COVER TWO WAY CAKE DI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI YANG DIMODERASI BRAND AWARENESS (PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)

Purwitasari, Umika (2023) PENGARUH LABEL “TASYA FARASYA APPROVED” PADA KATALOG PRODUK LUXCRIME BLUR AND COVER TWO WAY CAKE DI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI YANG DIMODERASI BRAND AWARENESS (PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900082_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Kosmetik menjadi salah satu aspek penting yang diperhatikan perempuan dalam menunjang penampilan. Semakin banyaknya brand kosmetik yang bermunculan, tentu semakin ketat pula persaingan penjualan antar perusahaan. Selain perusahan harus memastikan konsumen memiliki kesadaran dan pengetahuan akan produk yang biasa disebut sebagai brand awareness, salah satu satu bentuk komunikasi pemasaran baru yang dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk menarik minat beli adalah dengan mencantumkan label “Tasya Farasya Approved” pada katalog produk di aplikasi penjualan. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh peneliti pada aplikasi belanja Shopee, terdapat perbedaan jumlah penjualan yang signifikan pada produk Luxcrime Blur And Cover Two Way Cake yang mencantumkan label “Tasya Farasya Approved” dengan yang tidak. Artinya label tersebut memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan label “Tasya Farasya Approved” pada katalog produk Luxcrime Blur And Cover Two Way Cake di Shopee terhadap minat beli mahasiswi yang dimoderasi oleh brand awarenss. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Ilmu Komunikasi Unissula yang mengetahui tentang brand Luxcrime dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang diambil berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hierarki Efek dari Robert J.Lavidge dan Gery Steiner. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner pada responden melalui whatsapp. Perhitungan besarnya pengaruh pada penelitian ini dilakukan menggunakan analisis regresi moderasi dengan menggunakan bantuan IBM SPSS versi 25 sebagai alat bantu untuk melakukan uji data statistik. Hasil uji validitas seluruh item kuisioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hitung > r tabel (0,230), dan seluruh item juga dinyatakan reliable dengan hasil uji r hitung > r tabel (0,60). Uji regresi moderasi menunjukan bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,845 dan Sumbangan koefisien determinan ( R Square ) sebasar 0,714. Maka dari itu ditarik kesumpulan bahwa brand awareness yang memoderasi dikatakan memperkuat hubungan antaran label “Tasya Farasya Approved” terhadap minat beli sebesar 71,4%. Namun ada beberapa keterbatasan yang dijumpai dalam penelitian ini seperti variabel lain yang dapat mempengaruhi minat beli, misal harga produk. Disamping itu informasi yang responden berikan melalui kuisioner tidak mampu selalu akurat, karena tiap kepala bisa saja berbeda tergantung pemikiran, asumsi, dan juga cara dalam memahami pertanyaan. Oleh karena itu diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel dalam penelitian dan menambahkan teori pendukung lainnya supaya penelitian kedepannya dapat lebih baik lagi. Kata Kunci : Label “Tasya Farasya Approved”, Brand awareness, Minat beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:09
Last Modified: 13 Oct 2023 03:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31634

Actions (login required)

View Item View Item