PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022)

Haslam, Muhammad Rio (2023) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900238_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900238_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Perlindungan hukum untuk anak dapat dijelaskan sebagai tindak perlindungan hukum terhadap berbagai bentuk kekerasan dan hak-hak anak, serta berbagai langkah yang berkaitan dengan kesejahteraan anak. Anak dapat dikatakan melakukan tindak pidana yakni apabila melanggar ketentuan dalam peraturan hukum pidana yang ada.Tujuan yang ingin disampaikan dalam penulisan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam Menerapkan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022 (2) Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022 penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian hukum normative, Spesifikasi penelitian yang akan dilakukan ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi Pustaka dan wawancara serta kajian peraturan Perundang-undangan, data dari putusan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan objek penelitian sehingga menghasilkan metode analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan : pertama Pertimbangan Hakim Dalam Menerapkan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022 Menyatakan anak pelaku Bernama Muhammad Rizal Mhmud bin Hindarto tersebut diatas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan penuntut umum. Membebaskan anak pelaku oleh karena itu dari semua dakwaan penuntut umum Menimbang bahwa karena Anak dibebaskan, maka biaya perkara pada seluruh tingkat peradilan dan pada tingkat kasasi dibebankan kepada Negara. Kedua kendala dan solusi dalam penerapan sanksi pidana terhadap pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh anak Studi Putusan Kasasi Nomor 6426 K/Pid.Sus/2022Tidak ada celah untuk dapat diselesaikan secara damai Apabila kasus telah dilimpahkan ke Pengadilan, tidak adaacara lain untuk menyelesaikan perkara tindak pidana pembunuhan pelakunya adalah anak kecuali dengan putusan hakim dan solusi Diupayakan perdamaian atau pemaafan Langkah konkret yang dapat diambil untuk memfasilitasi perdamaian dan atau pelaku pemaafan antara keluarga korban dan pelaku anak, serta keluarga pelaku anak itu sendiri Kata Kunci : Tindak Pidana, Pembunuhan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:07
Last Modified: 13 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31632

Actions (login required)

View Item View Item