PENGARUH CO BRANDING DAN FANATISME FANDOM BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK OREO X BLACKPINK DI KAB. KENDAL

Fadhillah, Noviandini Nur (2023) PENGARUH CO BRANDING DAN FANATISME FANDOM BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK OREO X BLACKPINK DI KAB. KENDAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900070_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900070_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh melihat sangat antusiasnya para calon konsumen di Asia terutama di Indonesia akan produk terbaru Oreo yang berkolaborasi dengan Blackpink yang diberi nama Oreo X Blackpink. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait hal ini untuk mengungkapkan secara nyata pemahaman dan perspektif konsumen di Kendal terkait kebijakan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan dengan mengkaji lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh co branding dan fanatisme terhadap keputusan pembelian produk pada konsumen Oreo X Blackpink di Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme yang dikonstruksi dengan Teori S-O-R. Penelitian dilakukan menggunakan data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan metode purposive sampling melalui kuesioner 70 responden fans Blackpink dan penikmat Oreo di Kendal,Jawa Tengah. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Serta Uji asumsi klasik berupa Uji Normalitas dan Uji Multikolinearitas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah co branding dan fanatisme sangat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kendal pada produk Oreo X Blackpink dengan Sig < 5% serta koefisensi determinasi sebesar 67,6%. Adapun keterbatasan pada penelitian ini dimana dalam proses pengambilan data melalui penyebaran kuesioner terkadang responden tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat sebenarnya. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan pemahaman responden dan mungkin juga faktor lainnya seperti kejujuran responden dalam mengisi kuesioner yang dibagikan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu agar bisa menambahkan variabel variabel lainnya sehingga dapat mengahasilkan pembaharuan dalam kasus penelitian sejenis. Kata Kunci : Co Branding, Fanatisme, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:20
Last Modified: 12 Oct 2023 06:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item View Item