PENGARUH STRATEGI SIARAN LANGSUNG PADA AKUN TIKTOK @SKINTIFIC_ID TERHADAP PENGETAHUAN PRODUK SKINTIFIC DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPLUSIF KONSUMEN GENERASI Z

Maharani, Nova Istiqomah (2023) PENGARUH STRATEGI SIARAN LANGSUNG PADA AKUN TIKTOK @SKINTIFIC_ID TERHADAP PENGETAHUAN PRODUK SKINTIFIC DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPLUSIF KONSUMEN GENERASI Z. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900068_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya kegiatan siaran langsung akun Tiktok @skintific_id yang dilakukan setiap hari pada pukul 05.00-07.00; 09.00-12.00; 13.00-15.00 14.00-18.00; 19.00-00.00 WIB. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh strategi siaran langsung akun Tiktok @skintific_id (X) terhadap pengetahuan produk (Y) dan keputusan pembelian implusif (Z), serta untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian implusif. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teori difusi inovasi digunakan sebagai acuan untuk mengalisis data primer yang diperoleh lewat kusioner. 2,4 juta total pengikut akun Tiktok @skintific_id dijadikan sampel dalam penelitian ini, kemudian dilakukan perhitungan sampel menggunakan rumus Solvin dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan random sampling. Didapatkan total 110 sampel yaitu generasi Z yang merupakan pengikut akun Tiktok @skintific_id yang pernah melakukan pembelian produk Skintific lewat siaran langsung akun Tiktoknya dengan rentang usia 13 – 28 tahun per tahun 2023. Berdasarkan uji regresi linier sederhana yang telah terpenuhi syarat uji sebelumnya yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linieritas dengan aplikasi SPSS Versi 20, maka didapatkan hasil bahwa seluruh item kuesioner valid dengan r hitung > r tabel 0,176 , serta reliabel dengan nilai Alpha diatas 0,60. Ketiga variabel telah berdistribusi normal dengan p value > 0,05 , dan terdapat hubungan yang linier antara variabel X dengan Y, X dengan Z, Y dengan Z yang ditandai dengan nilai signifikansi Deviation from Linierity > 0,05. Kemudian, terdapat hubungan yang signifikan antara setrategi siarang langsung akun Tiktok @skintific_id terhadap pengetahuan produk sebesar 0,151 dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian implusif sebesar 0,057. Sedangkan hubungan linier yang tidak signifikan ditunjukkan antara strategi siaran langsung akun Tiktok @skintific_id terhadap keputusan pembelian implusif sebesar 0,023. Hasil analisis menunjukkan bahwa sejalan dengan asumsi teori difusi inovasi, strategi siaran langsung merek Skintific yang didistribusikan dengan pesan yang menumbuhkan pengetahuan produk melalui saluran komunikasi aplikasi Tiktok dengan akun @skintific_id, telah diadopsi atau diterima oleh kelompok sosial perempuan generasi Z dalam jangka waktu singkat dapat yang menimbulkan keputusan pembelian implusif. Kata kunci : Strategi Siaran Langsung Tiktok, Pengetahuan Produk, Keputusan Pembelian Implusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:05
Last Modified: 13 Oct 2023 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31620

Actions (login required)

View Item View Item