PROBLEMATIKA PENGANGKATAN ANAK DAN KEDUDUKANYA TERHADAP HARTA WARIS DALAM KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pengadilan Agama Semarang Dalam Perkara Nomor 485/Pdt.P/2021/PA.Smg)

RIFAI, MUCHAMAD (2023) PROBLEMATIKA PENGANGKATAN ANAK DAN KEDUDUKANYA TERHADAP HARTA WARIS DALAM KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pengadilan Agama Semarang Dalam Perkara Nomor 485/Pdt.P/2021/PA.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900221_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900221_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian dengan judul proses pengangkatan anak dan kedudukanya terhadap harta waris dalam kompilasi hukum Islam, yang dilakukan oleh penulis adalah penulis ingin meneliti bagaimana proses pengagakat anak menurut kompilasi hukum islam dan kedudukanya terhadap harta waris. Rumusan masalah yang diambil oleh penulis adalah proses pengangkatan anak menurut hukum Islam berikutnya kedudukan anak angkat terhadap harta waris, serta apa yang menjadi problem dalam pengangkatan anak dan kedudukanya terhadap harta warisan di Pengadilan Agama Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis Pendekatan yuridis sosiologis adalah penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengangkatan anak diperbolehkan dalam Hukum Islam, asalkan tidak bertentangan dengan syariat Islam contoh kasus yang menyetujui dan dijadikan objek penelitian oleh penulis adala putusan nomor 485/Pdt.P/2021/PA.Smg. kedudukan anak angkat dalam waris dengan orang tau angkat tidak dibenarkan namun anak angkat mewaris dengan jalan hak wasiat wajibah dengan ketentuan tidak melebihi 1/3 dari harta warisan. Probelm yang sering terjadi adalah dalam proses pengangkatan anak sebaiknya dilakukan sesuai putusan Pengadilan Agama. Kata Kunci : Pengangkatan Anak, harta waris dan Kompilasi Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:15
Last Modified: 12 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31619

Actions (login required)

View Item View Item