PENGARUH TERPAAN TREND TIKTOK GLOW UP TERHADAP PERSEPSI STANDAR KECANTIKAN DAN MOTIVASI MEMPERCANTIK DIRI PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UNISSULA

KHOFIFAH, NAFIZATUL (2023) PENGARUH TERPAAN TREND TIKTOK GLOW UP TERHADAP PERSEPSI STANDAR KECANTIKAN DAN MOTIVASI MEMPERCANTIK DIRI PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UNISSULA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900066_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900066_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya persepsi baru standar kecantikan melalui terpaan trend TikTok Glow Up yang mendorong motivasi dalam mempercantik diri. Pada fenomena ini, peneliti menduga adanya pengaruh dari terpaan trend TikTok Glow Up (X) terhadap persepsi standar kecantikan (Z) dan motivasi mempercantik diri (Y). Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh terpaan trend TikTok Glow Up terhadap persepsi standar kecantikan, 2) pengaruh terpaan trend TikTok Glow Up terhadap motivasi mempercantik diri, 3) pengaruh persepsi standar kecantikan terhadap motivasi mempercantik diri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang akan digunakan untuk menganalisis permasalahan pada penelitian ini adalah teori uses and effect dari Windahl. Populasi yang diambil adalah mahasiswi Ilmu Komunikasi UNISSULA yang merupakan Mahasiswa aktif dan pengguna aktif TikTok dengan sampel sebanyak 85 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji linieritas menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hitung > r tabel (0,213), dikatakan reliabel dengan Alpha diatas 0,60. Ketiga variabel dinyatakan berdistribusi normal dengan nilai pvalue > 0,05, dan terdapat hubungan secara linier antara X terhadap Z, antara X terhadap Y, dan antara Y terhadap Z yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Deviaton from Linierity > 0,05. Kemudian pada uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang signifikan antara terpaan trend TikTok Glow Up terhadap motivasi mempercantik diri sebesar 0,105. Sedangkan terdapat hubungan linier yang tidak signifikan antara terpaan trend TikTok Glow Up terhadap persepsi standar kecantikan sebesar 0,007 dan terdapat hubungan linier yang signifikan antara persepsi standar kecantikan terhadap motivasi mempercantik diri sebesar 0,047. Kata Kunci : Terpaan Trend Tiktok Glow Up, Persepsi Standar Kecantikan, Motivasi Mempercantik Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:09
Last Modified: 12 Oct 2023 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item View Item