PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP BARANG YANG TIDAK SESUAI OLEH PENJUAL ONLINE SHOP MELALUI E-COMMERCE

Moniaga, Lorenzo Arya (2023) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP BARANG YANG TIDAK SESUAI OLEH PENJUAL ONLINE SHOP MELALUI E-COMMERCE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900199_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900199_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Perlindungan Hukum Konsumen Terhadap Barang Yang Tidak Sesuai Oleh Penjual Online Shop Melalui E-Commerce. Permasalahan dalam skripsi ini dituangkan dalam tiga rumusan masalah, yang pada inti pokok mempertanyakan mengenai bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen, bagaimana pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap barang yang tidak sesuai dan bagaimana penyelesaian masalah sengketa antara kedua belah pihak menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Infromasi Dan Transaksi Elektronik Penulis menggunakan metode penelitian normatif dan teknik pengumpulan data dihimpun dari data primer dan data sekunder. Data primer diolah dari peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan. Data sekunder diolah dari buku, jurnal, laporan tertulis dan dokumen-dokumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa barang yang dijual melalui ecommerce atau lebih tepatnya online shop, apabila barang yang dipromosikan atau dipajang dan saat datang ke pembeli tidak sesuai maka penjual tersebut telah melanggar hal-hal yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Sebagai konsumen berhak dalam mendapatkan kompensasi, ganti rugi atau penggantian barang yang sesuai. Pertanggungjawaban pelaku usaha yaitu dengan memberikan ganti rugi atau penggantian barang yang sesuai dengan apa yang telah konsumen beli dan penyelesaian sengketa terhadap kedua belah pihak dengan cara bertemu langsung antara pembeli dan penjual atau melalui surat menyurat (email) agar penyelesaian masalah cepat terselesaikan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, E-Commerce, Pertanggung jawaban Pemilik Usaha, Belanja Online dan Perspektif Islam Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:09
Last Modified: 12 Oct 2023 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31607

Actions (login required)

View Item View Item