PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Perusahaan Manufaktur Perusahaan/industri Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

ARIVIANA, NOVITA (2023) PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Perusahaan Manufaktur Perusahaan/industri Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401606500_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401606500_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Dalam penelitian ini profitabilitas diwakili oleh return on assets karena dapat menunjukkan seberapa besar persepsi keuntungan dari penggunaan seluruh aset yang dimiliki perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Return on Assets merupakan rasio yang menunjukkan hasil penggunaan aset suatu perusahaan untuk menghasilkan laba bersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Total sampel yang diuji meliputi 11 perusahaan manufaktur industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil pengujian penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen yaitu leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci:leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:25
Last Modified: 12 Oct 2023 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item View Item