STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN B2B (BUSINESS-TO-BUSINESS) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI PT CLOUD HOSTING INDONESIA (IDCloudHost)

ADILLA, MUTIARA SUKMA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN B2B (BUSINESS-TO-BUSINESS) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI PT CLOUD HOSTING INDONESIA (IDCloudHost). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900065_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900065_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan lambatnya respon dari pelanggan dan proses yang panjang karena menunggu persetujuan dari pihak manajemen perusahaan yang akan menjadi customer IDCloudHost. Permasalahan ini menyebabkan kesulitan dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran B2B (Business-to-Business) yang efektif dan efisien, serta berpotensi menghambat peningkatan penjualan produk pada perusahaan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai keputusan akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran B2B (Business-to-Business) yang dapat meningkatkan penjualan produk pada IDCloudHost. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sumber data primer di dapat melalui wawancara mendalam terhadap informan yang ditentukan berdasarkan purposive sampling dan data sekunder yang di dapat dari dokumen, buku, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyusunan tindakan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, IDCloudHost menerapkan beberapa strategi komunikasi pemasaran B2B (Business-to-Business), seperti pendekatan door-to-door, tender, dan memanfaatkan hubungan dengan BOD atau Direksi. Selain itu, juga menggunakan konten kolaborasi dengan Divisi Marketing melalui platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Youtube, serta menggunakan pendekatan langsung melalui email atau WhatsApp untuk menginformasikan promosi yang sedang berlangsung. Berdasarkan analisis dengan teori penyusunan tindakan, IDCloudHost telah merumuskan strategi komunikasi pemasaran B2B (Business-to-Business) dengan tahapan-tahapan sesuai dengan teori tersebut, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Meskipun strategi ini telah membuahkan hasil yang positif, namun masih diperlukan pengoptimalan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan B2B (Business-to-Business) di IDCloudHost sangat dipengaruhi oleh kegiatan komunikasi pemasaran B2B (Business-to-Business) perusahaan. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu IDCloudHost dalam mencapai tujuan perusahaan, terutama dalam upaya meningkatkan penjualan produk. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran B2B, IDCloudHost, Penjualan Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:23
Last Modified: 12 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31604

Actions (login required)

View Item View Item