ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA BRANCH KLATEN DALAM PROSES EMPLOYER BRANDING

Razan, Muhammad Khanif Atha (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA BRANCH KLATEN DALAM PROSES EMPLOYER BRANDING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900059_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) merupakan perusahaan bisnis retail asal Indonesia yang gencar melakukan ekspansi bisnis dengan kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendorong keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan perlu melakukan penerapan employer branding dengan strategi komunikasi yang efektif agar dapat menarik minat calon karyawan berkualitas dan menciptakan workforce yang sesuai dengan nilai dan tujuan perusahaan. Penelitian berjudul “Analisis Strategi Komunikasi PT Sumber Alfaria Trijaya Branch Klaten dalam Proses Employer Branding” ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivisme dalam melakukan analisis strategi komunikasi dengan konsep tahapan strategi komunikasi oleh Anwar Arifin, dan konsep dari Backhaus dan Tikoo untuk menganalisis proses employer branding di Alfamart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik uji kualitas data dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa employer value proposition yang dimiliki perusahaan diantaranya budaya kerja 2i3k dan prinsip kerja TARIF sebagai pedoman dasar karyawan berperilaku, pembentukan karakter Albi sebagai gambaran kualitas karyawan, dan program alfability untuk membangun citra sebagai lingkungan perusahaan yang inklusif. Pada tahap external marketing, strategi komunikasi dilakukan menggunakan sosial media instagram alfamart karir untuk menyampaikan employer brand bagi publik eksternal perusahaan seperti calon karyawan dan pencari kerja. Pada tahap internal marketing, strategi komunikasi dilakukan menggunakan sosial media instagram alfamart gema budaya untuk menyampaikan employer brand kepada publik internal perusahaan yang mencakup karyawan secara keseluruhan. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses employer branding, perusahaan telah menyesuaikan terhadap khalayak, tujuan, pesan, metode dan media komunikasi yang digunakan dalam menjalankan strategi komunikasi. Meski demikian, perusahaan perlu mengoptimalkan informasi dalam menjalankan strategi komunikasi terutama pada tahap external marketing dalam membangun image sebagai entitas pemberi kerja yang baik, sehingga menarik minat calon karyawan potensial untuk bergabung di perusahaan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Employer Branding, Alfamart

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:11
Last Modified: 12 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31594

Actions (login required)

View Item View Item