STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI MELALUI METODE MUHADHOROH (Studi pada Pondok Pesantren Al-faqih Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan)

KHOIRUDDIN, MUHAMAD (2023) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI MELALUI METODE MUHADHOROH (Studi pada Pondok Pesantren Al-faqih Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900055_fullpdf.pdf

Download (942kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900055_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya santri yang belum menguasai keterampilan berbicara di depan umum, masih banyaknya santri yang belum memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas terkait muhadhoroh dan public speaking, kepercayaan diri santri yang masih kurang dan referensi penelitian terkait metode muhadhoroh juga berbeda-beda disetiap Pondok Pesantren seperti kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Al-Faqih sendiri yang masih baru yaitu pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan, mengetahui strategi muhadhoroh yang digunakan Pondok Pesantren Al-Faqih untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan untuk mengetahui bagaimana implementasi muhadhoroh pada kemampuan santri Pondok Pesantren Al-Faqih. Subjek dari penelitian ini adalah pengasuh Pondok Pesantren, ketua, pengurus kegiatan, dan santri Pondok Pesantren Al-Faqih. Penelitian ini menggunakan paradigma Kontruktivis dan dengan metode kualitatif dengan kajian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan Teori Aristoteles yaitu Teori Retorika. Penelitian ini memanfaatkan metode pengumpulan informasi melalui pengamatan, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Pendekatan analisis yang digunakan mencakup proses penyederhanaan data, penyajian data, serta konfirmasi data untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini, adalah (1) Kegiatan Muhadhoroh yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Faqih Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tidak hanya berpidato, namun menggunakan tata tertib acara dengan adanya MC, Pembacaan Al-Qur’an, sholawatan dari tim hadroh dan Do’a. Adapun strategi yang dilakukan yaitu : Persiapan meliputi mencari bahan sesuai tema, membaca naskah, memahami materi, dan menghafal materi. kemudian praktik, terakhir evaluasi. (2) Kegiatan muhadhoroh di Pondok Pesantren Al-Faqih Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan santri lebih bisa mengendalikan rasa demam panggung, lebih percaya diri dan juga lebih bertanggung jawab. Muhadhoroh memiliki kontribusi dalam pembentukan mental public speaking santri dan perihal kompetensi sosial santri khususnya dalam kemampuan berbicara dan bertindak, yang berakar pada nilai-nilai akhlak yang baik serta disiplin dalam bidang ilmu, sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Kata Kunci : public speaking, muhadhroh, pondok pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:59
Last Modified: 12 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item View Item