STRATEGI KOMUNIKASI PENANGANAN KELUHAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI ( DISKOMINFO ) PROGAM “ LAPOR BUPATI ’’ PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

Nasran, Mochamad Akbar Maulana (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENANGANAN KELUHAN ADUAN MASYARAKAT MELALUI ( DISKOMINFO ) PROGAM “ LAPOR BUPATI ’’ PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900053_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900053_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi penanganan keluhan aduan masyarakat pada program Lapor Bupati dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo. Program Lapor Bupati adalah sebuah sarana Informasi masyarakat Wonosobo terkait dengan layanan aspirasi, informasi publik, dan pelayanan keluhan dengan memanfaatkan tujuh kanal komunikasi sebagai medianya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknis Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan teori Image Restoration. Teori ini membahas meretorasi citra menjadi positif ataupun baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang menjadi alasan pemerintah Kabupaten Wonosobo melakukan strategi komunikasi penanganan keluhan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan merestorasi citra pemerintahan wonosobo menjadi baik. sesuai dengan Standar Operational prosedur peneliti diantaranya adalah Program Lapor Bupati dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bidang komunikasi, bagian informasi Komunikasi Publik inilah yang menjadi administrator, setelah keluhan masuk, tahap selanjutnya yaitu Verifikasi, Verifikasi dilakukan untuk mengetahui kebenaran laporan, memisahkan laporan yang sesuai kriteria, dan memisahkan laporan yang bersifat sampah (junk), tahap selanjutnya yaitu pengelompokan ( laporan yang bersifat aduan atau aspirasi yang akan diproses lanjut. tidak bersifat aduan atau aspirasi. Penyutingan, Proses penyuntingan dilakukan oleh administrator pada laporan aduan yang mengandung Bahasa alay, Kalimat typo, Bahasa daerah yang kasar yang tidak semua orang memahaminya, dan Penulisan yang kurang tepat, seperti semua di tulis pakai huruf besar semua Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi penanganan keluhan aduan masyarakat oleh diskominfo kabupaten wonosobo dalam menangani keluhan masyarakat dilakukan dengan cara memastikan pesanditerima oleh komunikan, membina penerimaan pesan, dan menerapkan evaluasi apakah sudah teratasi keluhan masyarakat kabupaten wonosobo Kata Kunci: Strategi Komunikasi , Keluhan Masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Lapor Bupati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:59
Last Modified: 12 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31588

Actions (login required)

View Item View Item