PENGARUH STRATEGI KOLABORASI DAN DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEPATU LOKAL COMPASS EDISI “WHICH PABLO ARE YOU TODAY”

Alvian, M. Noval Anzar (2023) PENGARUH STRATEGI KOLABORASI DAN DESAIN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEPATU LOKAL COMPASS EDISI “WHICH PABLO ARE YOU TODAY”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900052_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi alas kaki atau sepatu di era sekarang yang sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap individu sebagai trend fashion untuk menunjang penampilan. Compass X Boy Pablo sebagai brand sepatu lokal memanfaatkan strategi kolaborasi melalui media sosial instagram untuk memasarkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi kolaborasi dan desain produk terhadap minat beli produk sepatu lokal Compass edisi “Which Pablo Are You Today” pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universsitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme yang dikontruksi dengan teori SOR dan AISAS. Penelitian dilakukan menggunakan data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi kepustakaan. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan metode proportionate stratified random sampling melalui penyebaran kuesioner kepada 202 responden mahasiswa Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universsitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah strategi kolaborasi dan desain produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk sepatu lokal Compass edisi “Which Pablo Are You Today” pada mahasiswa Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universsitas Islam Sultan Agung Semarang dengan Sig<0,05 serta koefisien determinasi sebesar 0,531. Adapun keterbatasan pada penelitian ini dimana dalam proses pengambilan data melalui penyebaran kuesioner terkadang responden tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat sebenarnya. Hal ini dapat terjadi karena terdapat perbedaan pemahaman responden dan mungkin juga faktor lainnya seperti kejujuran dalam mengisi kuesioner yang dibagikan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti variabel lain yang mampu mempengaruhi minat beli diantaranya strategi promosi, harga atau variabel lainnya sehingga dapat menghasilkan pembaharuan dalam kasus penelitian sejenis. Kata Kunci : Strategi Kolaborasi, Desain Produk, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:56
Last Modified: 12 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31584

Actions (login required)

View Item View Item