STRATEGI BERITA LOKAL PADA PROGRAM PEMBERITAAN “KABAR TEMANGGUNG” DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL

DEWI, MAULIDA SEKAR SHINTA (2023) STRATEGI BERITA LOKAL PADA PROGRAM PEMBERITAAN “KABAR TEMANGGUNG” DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900049_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Kehadiran televisi lokal dianggap efisien dalam masyarakat, dikarenakan tidak semua wilayah dapat terjaring oleh televisi nasional. Televisi lokal harus menghadapi arus persaingan televisi nasional dan swasta, terkhusus dalam menyampaikan informasi yang dapat membawa berbagai dampak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Temanggung TV menyampaikan informasi melalui “Kabar Temanggug” dalam mempertahankan eksistensinya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dua informan. Hasil penelitian menjabarkan strategi program pemberitaan yang memiliki kesesuaian dengan teori ekologi media Dimmick dan Rohtenbuhler dalam upaya media mempertahankan eksistensinya. Strategi yang dilakukan diantaranya analisis target penonton menargetkan masyarakat Temanggung, tampilan format dengan tampilan yang menjadi ciri khas dan menitik beratkan pada hardnews, punchline dan cliphanger berupa kalimat menarik dan berita yang akan dijadikan highlight, kualitas berita yaitu berupa meningkatkan kualitas berita yang bersifat apa adannya dan tidak memihak. Live streaming dilakukan dapat menarik perhatian pemirsa dengan melibatkan emosi penonton. Dan pemanfaatan media baru sebagai penunjang wadah untuk menyiarkan ulang berita melalui youtube dan Instagram. Keterbatasan penelitian ini kurangnya mengekplor teori yang dapat memperkaya penelitian serta kurangnya menggali lebih dalam mengenai informasi keuangan pada perusahaan yang menjadi objek penelitian, sehingga penelitian kurang maksimal. Peneliti menyarankan Temanggung TV untuk menjaga kualitas berita yang disiarkan dan lebih aktif kembali pada sosial media agar dapat menjalin pendekatan intens kepada target penonton serta berita dapat dibaca lebih banyak orang. Kata Kunci ; Strategi, program pemberitaan lokal, Temanggung TV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:52
Last Modified: 12 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31579

Actions (login required)

View Item View Item