Tinjauan Yuridis Penggunaan Jasa Debt Collector Dalam Penyelesaian Kredit Macet Pada Bank Standard Chartered (Analisis Putusan MA Nomor 3192 K/Pdt/2012)

Jannah, Fiski Yatul (2023) Tinjauan Yuridis Penggunaan Jasa Debt Collector Dalam Penyelesaian Kredit Macet Pada Bank Standard Chartered (Analisis Putusan MA Nomor 3192 K/Pdt/2012). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900141_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Tinjauan Yuridis Penggunaan Jasa Debt Collector Dalam Penyelesaian Kredit Macet Pada Bank Standard Chartered (Analisis Putusan MA Nomor 3192 K/Pdt/2012). Berkembang nya perekonomian membuat banyak lembaga keuangan atau Bank memfasilitasi masyarakat dengan adanya kredit. Namun banyak masyarakat yang kurang kesadaran untuk membayar kredit sehingga menyebabkan kredit macet. Sehingga membuat pihak Bank melakukan banyak cara salah satunya menggunakan jasa debt collector. Penelitian ini mengkaji dan menjawab tentang peraturan yang mengatur tentang pengunaan jasa pihak ketiga oleh Bank ataupun lembaga pembiayaan sesuai dengan putusan MA No.3192K/Pdt/2012. Serta menjelaskan tentang perindungan pemerintah dari penagihan pihak ketiga kepada para Nasabah . Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa pihak Bank atau lembaga pembiayaan menggunakan jasa pihak ketiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif yang menggunakan data seperti peraturan perundangundangan, keputusan pengadilan,teori hukum, dan pendapat para sarjana hukum terkemuka yang kemudian dihubungkan dengan kenyataan atau fakta yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam teori hukum. Hasil penelitian dan pembahasan ini yaitu mengetahui usaha yang dilakukan pemerintah dalam melindungi para nasabah dari jasa pihak ketiga (debt collector) yang tidak mematuhi aturan yang telah dibuat oleh Bank Indonesia, perlindungan ini dilakukan secara preventif yaitu membuat aturan-aturan yang berisi tentang etika penagihan yang diatur pada Surat Edaran Bank Indonesia dan juga dilakukan dengan cara represif yaitu dengan menyerukan kepada masyarakat apabila mengalami kekerasan oleh pihak debt collector ke lembaga-lembaga yang telah ditentukan seperti kepolisian, Bank Indonesia ataupun lembaga lainnya. Penelitian ini juga menganalisa putusan MA No.3192K/Pdt/2012 tentang penggunaan jasa debt collector yang pada dasarnya memperbolehkan penggunaan jasa debt collector, namun harus mematuhi peraturan yang diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia, peraturan Bank Indonesia, dan booklet perbankan Indonesia Kata kunci : kredit macet, bank, debt collector

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:48
Last Modified: 12 Oct 2023 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31575

Actions (login required)

View Item View Item