Dewi, Farisa Meliana (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI FARMHILL ACADEMY DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI WEBINAR SERIES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Ilmu Komunikasi_32801900036_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801900036_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
Abstract
Farmhill Academy merupakan perusahaan yang baru saja berdiri pada akhir tahun 2021, perusahaan yang berfokus pada penyedia jasa modern farming ini memiliki harapan menjadi Top Of Mind dibenak masyarakat. Sebagai perusahaan baru, dalam membangun brand awareness memerlukan sebuah strategi komunikasi yang tepat untuk mencapai harapan tersebut. Jika harapan itu besar, maka strategi yang digunakan harus sesuai, agar harapan tersebut cepat dapat terealisasikan, namun sampai saat ini strategi komunikasi yang dilakukan Farmhill Academy belum dapat mencapai harapan besar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi komunikasi yang dilakukan oleh Farmhill Academy melalui webinar series tersebut untuk membangun brand awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Subjek penelitian ini adalah Manager Farmhill Academy Division, Product Development Manager, dan General Affair dari Farmhill Academy. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Farmhill Academy yaitu denga melakukan perumusan strategi, dari pengenalan khalayak, penyusunan pesan dan pemilihan media sesuai khalayak yang dituju, serta penetapan metode yang akan digunakan. Lalu melakukan penerapan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam strategi komunikasi, mulai research, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pelaporannya dilakukan secara rinci. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Farmhill Academy dan webinar series sebagai alat untuk membangun brand awareness ini cukup tepat, meskipun masih memerlukan pengembangan pada implementasi rencananya. Dibuktikan adanya meningkatnya jumlah followers instagram Farmhill Academy dan jumlah anggota Farmhill Community walaupun masih belum ada diskusi. Untuk kedepannya, dalam strategi komunikasi yang dilakukan Farmhill Academy dapat melakukan evaluasi terhadap perkembangan brand awareness nya, agar mengetahui seberapa suksesnya strategi komunikasi yang sudah diterapkan. Selain itu Farmhill Academy dapat memanfaatkan sosial media lain seperti tiktok untuk penyebaran informasinya, dan juga menyiapkan budgeting untuk berkolaborasi dengan conten creator sebagai narasumber webinar series agar mempercepat proses penyebaran brand awareness nya. Kata Kunci: Strtategi Komunikasi, Brand Awareness, Webinar Series, Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31571 |
Actions (login required)
View Item |