STRATEGI MARKETING COMMUNICATION CV. NAJWA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEPUNG TAPIOKA

FIKRI, FAHMI AKHSANUL (2023) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION CV. NAJWA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEPUNG TAPIOKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)

Abstract

CV. Najwa merupakan perusahaan yang berbisnis produk tepung tapioka di Desa Ngemplak Kidul Margoyoso Kabupaten Pati,yang dulunya merupakan peusahaan besar dan memiliki dua anak cabang. Akan tetapi perusahaan ini mengalami penurunan penjualan di setiap tahunya yang mengakibatkan ditutupnya dua anak cabang perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Najwa untuk meningkatkan penjualan produk tepung. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer berupa wawancara dan sekunder yang didapatkan dari buku,jurnal dan internet. Landasan teori yang digunakan adalah teori marketing mix dengan menggunakan aspek 7p dan penyusunan tindakan dari Jhons Greene. Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa CV. Najwa telah melakukan strategi komunikasi dan promosi dengan maksimal. Komunikasi dilakukan dengan berhubungan dengan khalayak terkait pasar tepung mulai dari sopir dan krabat yang mengenal pasar tepung untuk memperkenalkan produk ke konsumen dengan menitipkan sempel produk. Strategi promosi yang dilakukan dengan melakukan strategi promosi melalui media online sedangkan strategi promosi secara offline kurang dilakukan oleh CV. Najwa. Akan tetapi CV. Najwa kurang konsisten melakukan promosi ini. Berdasarkan hal tersebut, dapat di simpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Najwa sudah maksimal meskipun mengalami penurunan penjuaan produk. Kata kunci: Strategi ,Komunikasi pemasaran,bauran pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:44
Last Modified: 12 Oct 2023 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31570

Actions (login required)

View Item View Item