ANALISIS PENGARUH FRAUD DIAMOND DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Di Kota Semarang)

Fauzia, Annisa (2023) ANALISIS PENGARUH FRAUD DIAMOND DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401606323_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401606323_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh fraud diamond dan religiusitas terhadap perilaku akaddemik Fraud diamond merupakan teori yang dikembangkan dari sebuah teori yang sudah dikenal sebelumnya dengan nama teori fraud triangle. Dalam teori fraud diamond terdapat empat aspek yang menjadi pendorong dilakukannya tindakan kecurangan yaitu tekanan/dorongan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan metode purposive sampling yang diolah menggunakan SPSS 24. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 100 mahasiswa S1 Akuntansi dari Perguruan Tinggi Islam di Kota Semarang yaitu Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muhammadiyah, Universitas Wahid Hasyim, serta UIN Walisongo Semarang dengan kriteria mahasiswa Angkatan 2020. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, dan Kemampuan berpengaruh positif dan sighnifikan terhadap kecurangan akademik, sedangkan Religiusitas berpengaruh negatif terhadap perilaku kecurangan akademik. Kata Kunci : fraud diamond, religiusitas, kecurangan akademik,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:41
Last Modified: 12 Oct 2023 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31568

Actions (login required)

View Item View Item