PENGARUH KREDIBILITAS BERITA DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN MEMBACA SURAT KABAR SUARA MERDEKA NETWORK (SMN) (Studi Pada Warga Kec. Genuk Kota Semarang)

PRATAMA, DICKY WAHYU (2023) PENGARUH KREDIBILITAS BERITA DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUASAN MEMBACA SURAT KABAR SUARA MERDEKA NETWORK (SMN) (Studi Pada Warga Kec. Genuk Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900029_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Media cetak saat ini tengah mengalami tantangan besar untuk terus mempertahankan eksistensinya. Adanya penurunan penjualan surat kabar dari Suara Merdeka Network (SMN) dimulai dari tahun 2021 sebanyak kurang lebih sebanyak 2.519 eksemplar yang tentunya disebabkan oleh hadirnya surat kabar online serta dikabarkan penerbit surat kabar tercetak akan gulung tikar. Hal ini dibuktikan dengan survei yang pernah dilakukan oleh lembaga survei media internasional, The Nielsen Company Indonesia telah merilis profil tingkat keterbacaan media massa di Indonesia yang ternyata masih signifikan. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas berita terhadap kepuasan membaca surat kabar Suara Merdeka Network (SMN) dan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap kepuasan membaca surat kabar Suara Merdeka Network (SMN). Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 masyarakat Kecamatan Genuk Kota Semarang yang membaca surat kabar suara merdeka sebanyak 100 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan” atau uses and gratification theory. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada responden dengan penentuan responden mengguankan purposive sampling. Perhitungan besarnya pengaruh pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan uji data statistik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semua item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hitung > r tabel (0.1988), dan juga dinyatakan reliable karena nilai diatas 0.70. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kredibilitas berita dan ekuitas merek terhadap kepuasan membaca surat kabar suara merdeka, sebesar 0.554 dan 0.307 dengan taraf signifikansi 0,000. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa kredibilitas berita dan ekuitas merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan membaca surat kabar suara merdeka. Adapun keterbatasan pada penelitian ini dimana dalam proses pengambilan kuesioner terkadang responden tidak memberikan jawaban yang sesuai. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu agar bisa menambahkan variabel – variabel lainnya sehingga menghasilkan pembaharuan dalam penelitian sejenis. Kata Kunci: kredibilitas berita, ekuitas merek, kepuasan membaca, surat kabar suara merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:37
Last Modified: 12 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31562

Actions (login required)

View Item View Item