STRATEGI BRANDING DALAM MEMPERTAHANKAN EKUITAS MEREK RUNY BAKERY DI BANJARNEGARA

Amaliyah, Dian Lestari (2023) STRATEGI BRANDING DALAM MEMPERTAHANKAN EKUITAS MEREK RUNY BAKERY DI BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900028_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Persaingan bisnis saat ini berjalan sangat ketat di segala sektor perekonomian. Persaingan dapat terjadi kapan dan di mana saja dengan kompetitor yang mengakibatkan kemungkinan besar akan terjadinya pergantian merek produk yang dilakukan oleh konsumen atas ketidakpuasan kualitas yang dirasakan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi branding dan pembentukan ekuitas merek usaha yang sesuai. Penulisan penelitian ini membahas mengenai Strategi Branding dalam Mempertahankan Ekuitas Merek Runy Bakery. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi branding menggunakan analisis SWOT sehingga dapat menciptakan ekuitas merek Runy Bakery. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif data kualitatif Miles dan Huberman, di mana dinyatakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis dengan melibatkan peneliti bersosialisasi dengan pihak Runy Bakery. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi branding dan ekuitas merek dengan definisi dari para ahli yaitu definisi ekuitas merek Aaker, strategi branding Schultz dan Barnes dan strategi merek Gelder. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Runy Bakery strategi branding yang digunakan tentu dimulai dari pembuatan logo hingga proses komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran ini dijalankan dengan menggunakan analisis SWOT terlebih dahulu dan tak lupa dengan menggunakan media promosi sehingga menciptakan ekuitas merek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peneliti telah mengungkap faktor internal dan eksternal kekuatan dan kelemahan melalui analisis SWOT, mengetahui bagaimana Runy Bakery membangun ekuitas merek, hingga bagaimana strategi branding Runy Bakery untuk mempertahankan ekuitas merek. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti menetapkan lima informan dan dua informan tambahan. Keterbatasan lainnya adalah penulis hanya menggunakan teori strategi branding dan ekuitas merek untuk membatasi masalah. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya untuk lebih memperluas teori yang digunakan. Kata kunci: Strategi Branding, Ekuitas Merek, Runy Bakery

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:35
Last Modified: 12 Oct 2023 03:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31560

Actions (login required)

View Item View Item