STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN “SEMAKIN PEKA” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT GEMILANG MEDIA WISATAMA (TRAVELXISM)

APRILITA, DEVI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN “SEMAKIN PEKA” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT GEMILANG MEDIA WISATAMA (TRAVELXISM). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900026_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Semakin Peka adalah produk ramah lingkungan yang berkontribusi dalam melestarikan lingkungan. Akan tetapi, dalam pemasarannya produk Semakin Peka yang mengalami penurunan penjualan dalam kurun waktu terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Gemilang Media Wisatama (Travelxism) untuk meningkatkan penjualan produk Semakin Peka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sumber data primer di dapat melalui wawancara mendalam terhadap informan yang ditentukan berdasarkan purposive sampling dan data sekunder yang didapat dari dokumen dan studi pustaka seperti buku dan jurnal. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyusunan tindakan dengan konsep marketing mix. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, PT Gemilang Media Wisatama (Travelxism) menerapkan strategi komunikasi pemasaran produk Semakin Peka menggunakan 4 model bauran pemasaran yaitu advertising menggunakan media sosial Instagram dan TikTok, sales promotion berupa diskon dan paket bundling produk Semakin Peka, personal selling dengan open tenant di event bazaar dan pameran, serta public relations yaitu membangun hubungan baik dengan publik internal seperti kegiatan gathering maupun publik eksternal menggunakan platform media sosial untuk berinteraksi secara langsung dengan khalayak seperti merespons pertanyaan atau masukan khalayak. Berdasarkan analisis dengan teori penyusunan tindakan, PT Gemilang Media Wisatama (Travelxism) melakukan tahapan-tahapan yaitu tindakan dan evaluasi. Namun, dikarenakan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan tidak memiliki perencanaan yang matang menyebabkan adanya kendala-kendala dalam pelaksanaanya seperti tim marketing yang tidak memiliki content plan sehingga promosi yang dijalankan tidak terstruktur, lemahnya daya saing, serta adanya perbandingan harga produk dengan para kompetitor. Hal tersebut menyebabkan strategi yang dijalankan kurang maksimal dan membuat penjualan menurun. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Travelxism membutuhkan perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang strategis dengan prosedur-prosedur tindakan yang lebih tepat agar kendala yang dialami dapat diatasi dan memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Travelxism, Semakin Peka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:34
Last Modified: 12 Oct 2023 03:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31558

Actions (login required)

View Item View Item