Pengaruh Terpaan Iklan Gowell Terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Konsumen Di Kelurahan Bulustalan Kota Semarang

Jade, Amara Khalistha (2023) Pengaruh Terpaan Iklan Gowell Terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Konsumen Di Kelurahan Bulustalan Kota Semarang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Sereal Gowell merupakan salah satu sereal dengan empat varian rasa yang diciptakan oleh PT Indofood. Meski terhitung cukup lama sejak tahun munculnya yaitu tahun 2017, masih banyak dari masyarakat yang belum terlalu mengenal sereal Gowell. Kurangnya promosi dan konsistensi dalam beriklan merupakan salah satu faktor dari kurangnya kesadaran merek dan minat beli calon konsumen terhadap sereal Gowell. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan Gowell terhadap kesadaran merek dan minat beli Konsumen. Teori utama dalam penelitian ini yaitu teori Advertising Exposure Process atau teori terpaan iklan yang dikemukakan oleh Rajeev Batra, Jhon G.Myres, dan David A. Aker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dan termasuk ke dalam penelitian survei dengan kuisioner sebagai instrumen penelitiannya. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 95 warga kelurahan Bulustalan yang telah dihitung menggunakan rumus Frank Lynch. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji regresi pengaruh terpaan iklan Gowell terhadap kesadaran merek konsumen muda di Kelurahan Bulustalan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 dengan nilai alpha 0,005. Jika nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha maka artinya variabel terpaan iklan mempengaruhi variabel kesadaran sehingga hipotesis H1 dalam penelitian ini terbukti. Dan hasil uji regresi pengaruh terpaan iklan Gowell terhadap minat beli konsumen muda di Kelurahan Bulustalan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 dengan nilai alpha 0,005.jika nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha maka artinya variabel terpaan iklan mempengaruhi variabel minat beli sehingga hipotesis H2 dalam penelitian ini terbukti. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sereal Gowell memiliki kesempatan untuk lebih dikenal oleh masyarakat secara meluas seperti sereal-sereal yang lain jika promosi sereal Gowell lebih ditonjolkan lagi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah sampel belum dapat digeneralisasi pada kelompok subjek dengan jumlah besar, subjek penelitian ini hanya di Kelurahan Bulustalan Kota Semarang, oleh karena itu diharapkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian agar dapat digeneralisasikan secara lebih luas. Kata Kunci: Terpaan Iklan, Kesadaran Merek, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:34
Last Modified: 12 Oct 2023 03:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31556

Actions (login required)

View Item View Item