PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK YANG MENGALAMI KECANDUAN TIKTOK (Studi Fenomenologi Pada Orangtua di Desa Pegundan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang)

Amelia Zulhan, Alvina (2023) PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANGTUA DAN ANAK YANG MENGALAMI KECANDUAN TIKTOK (Studi Fenomenologi Pada Orangtua di Desa Pegundan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900016_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Kecanduan TikTok pada anak-anak telah menjadi fenomena yang semakin menarik perhatian di era digital ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman komunikasi antara orangtua dan anak yang mengalami kecanduan TikTok. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan menggunakan Teori Komunikasi Antarpribadi Devito dengan fokus 3 aspek yaitu keterbukaan, empati, dan dukungan serta Teori Analisis Transaksional Eric Berne yang terdapat 4 konsep dasar yaitu pandangan sifat manusia, ego state, stroke, injunction (Perintah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam sebagai data primer serta studi pustaka untuk data sekunder. Hasil penelitian menemukan bahwa pengalaman komunikasi orangtua dan anak yang mengalami kecanduan tiktok menegaskan bahwa komunikasi antarpribadi yang mencakup keterbukaan, empati, dan dukungan dari orangtua sangat penting untuk membantu anak mengatasi kecanduan TikTok. Setiap anak mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda dari orangtua dalam menghadapi kecanduan tersebut. Penggunaan komunikasi antarpribadi yang efektif dapat memperkuat hubungan dan mendorong perubahan positif dalam perilaku anak. Penelitian juga menyoroti fokus komunikasi antara orangtua dan anak kecanduan TikTok pada aspek-aspek teori transaksional seperti pandangan sifat manusia, ego state, stroke, dan injunction. Orangtua berperan penting dalam membantu anak dengan memberikan dukungan, pengarahan, dan pembatasan yang positif. Hasil positif dari komunikasi yang efektif termasuk perubahan sikap positif pada anak dan kesadaran akan pentingnya mengatur waktu dengan bijak. Melalui komunikasi yang positif dan mendukung, orangtua dapat membantu anak mengatasi kecanduan TikTok secara lebih efektif, memperkuat hubungan orangtua-anak, dan membentuk perilaku yang lebih sehat pada anak-anak dalam penggunaan media sosial. Kata Kunci : Pengalaman Komunikasi, Kecanduan, Tiktok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:21
Last Modified: 12 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31553

Actions (login required)

View Item View Item