Analisis Resepsi Penonton pada Tayangan Youtube “Indonesia’s Next Top Model Cycle 3 Episode Comeback”

Maulidya, Alifia Nurrizqi (2023) Analisis Resepsi Penonton pada Tayangan Youtube “Indonesia’s Next Top Model Cycle 3 Episode Comeback”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900014_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Indonesia’s Next Top Model merupakan kompetisi modelling yang diadaptasi dari Asia’s Next Top Model. Penelitian ini membahas tentang sistem comeback pada kompetisi Indonesia’s Next Top Model Cycle 3 yang tayang di youtube. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan keragaman resepsi dan mengetahui posisi khalayak menurut tiga posisi cara pandang khalayak Stuart Hall. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruksionisme. Teori yang digunakan yaitu teori resepsi Stuart Hall dan didukung oleh teori SOR. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui FGD (Forum Group Discussion) dan wawancara sebagai data primer serta studi pustaka untuk data sekunder yang dianalisis menggunakan teknik analisis resepsi Stuart Hall yaitu encoding-decoding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 8 scene yang secara jelas memperlihatkan sistem serta hasil dari kompetisi ini. Scene yang memunculkan berbagai macam persepsi dari khalayak. Terdapat 3 posisi cara pandang berdasarkan teori Stuart Hall, penelitian yang dilakukan kepada tiga informan ini mendapat tiga cara pandang yang berbeda pada setiap informannya. Terdapat informan yang berada pada posisi dominant hegemony position, informan yang berada pada negotiated position dan terdapat juga informan yang berada pada oppositional position dalam penerimaan mereka terhadap episode comeback di tayangan Indonesia’s Next Top Model Cycle 3. Penelitian ini menemukan bahwa ketiga informan tidak konsisten dalam posisi dominasi, negosiasi, atau oposisi dari awal hingga akhir. Informan yang awalnya ada pada posisi dominan dapat beralih ke posisi negosiasi atau oposisi. Sebaliknya, informan yang awalnya dalam posisi oposisi atau negosiasi dapat berubah dan mengambil posisi dominan. Ini menunjukkan bahwa ketika menganalisis penerimaan khalayak, tidak ada penerimaan mutlak terhadap penerimaan makna yang ditafsirkan oleh informan. Adapun ditemukan dua jenis respon khalayak dalam penelitian ini yaitu respon kognitif dan afektif. Melalui analisis resepsi dapat dilihat bahwa khalayak berperan aktif dalam menafsirkan makna sebuah tayangan, yang dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri individu dan juga dari lingkungan sekitar sebagai faktor eksternal. Kata Kunci : Youtube, Indonesia’s Next Top Model, Analisis Resepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:19
Last Modified: 12 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item